Ada 7 dimensi Profil
budaya organisasi:
1. Inovasi
2. Stabilitas
3. Penghargaan terhadap orang lain
4. Orientasi hasil
5. Orientasi detail
6. Orientasi tim
7.keagresifan
Tiga Komponen Penting dalam layanan pelanggan
1.
Lifetime Customer Value Analysis
2.
One to One Marketing
3.
Enterprise Relationship Marketing
Tujuan pemodelan dengan LTV adalah untuk menggunakan
titik-titik data ini untuk menghasilkan representasi sejarah pelanggan dan
membandingkan riwayat pelanggan dengan pelanggan yang lain. Kemudian perusahaan
mulai untuk membangun model statistik lintasan masa depan pelanggan, termasuk
seberapa banyak yang akan dia belanjakan dan di periode yang mana.
Menurut
Zeithaml dan Lemon membedakan tiga faktor yang mempengruhi “
ekuitas pelanggan”, yaitu :
¢
Ekuitas nilai ( Value equity ), adalah
penilaian objektif pelanggan atas kegunaan tawaran berdasarkan pemikiran
tentang manfaat yang di bandingkan dengan biaya.
¢ Ekuitas
hubungan ( Relationship equity ), adalah kecenderungan pelanggan untuk
setia pada merek, yang di luar dan melampaui penilaian objektif dan subjektif
atas nilainya.
¢ Ekuitas
merek ( Brand equity ), adalah nilai tambah yang menyongkong pada produk
atau jasa. Nilai ini mungkin merefleksikan pada bagaimana para konsumen
berfikir, merasakan dan bertindak dengan menghargai merek itu, sebaik harga,
pangsa pasar, dan keuntungan merek-merek
itu di berikan kepada perusahaan.
Pendekatan brand equity adalah konsep yang menganggap
brand sebagai asset perusahaan yang dapat berkontribusi terhadap penjualan atau
profit.
Komponen-
komponen penting yang membentuk brand equity :
Brand
loyalty, komponen yang penting karena performance perusahaan sangat
bergantung pada seberapa banyak konsumen yang loyal.
Brand
awareness yang tinggi dapat meningkatkan familiarity yang positif dan
kemungkinan masuk dalam list brand untuk dibeli.
Perceived
quality, yaitu kualitas brand atau produk tersebut di mata konsumen.
Apabila konsumen beranggapan suatu brand kualitas, dia akan lebih mudah
membayar lebih untuk brand tersebut.
Brand
associations, konsep-konsep, orang, atau image yang dihubungkan dengan
brand. Brand assosiations berguna dalam pembentukan sikap positif
terhadap brand dan menjadi motivasi pembelian.(Brand Equity atau Customer Equity, 2007)
Perbedaan
customer equity dan brandequitnya
adalah :
Unit analisa dasarnya berbeda,
karena Brand Equity berfokus pada produk,sementara CE berfokus pada pelanggan.
CE
mengobservasi perilaku pelanggan, bukan berfokus pada perilaku pelanggan tidak
berwujud dari pelanggan seperti pada Brand Equity.
Pasar CRM
- Struktur Pasar
Pasar CRM telah tumbuh secara
drastis sejak awal tahun 1990-an. Tingkat pertumbuhan dan penetrasi
berbeda-beda pada segmen perangkat lunak yang berbeda, kondisi geografis yang
berbeda-beda,dan industri yang berbeda pula.
- Perangkat Lunak
Pasar perangkat lunak CRM
merupakan bagian dari pasar perangkat lunak aplikasi perusahaann (EAS) sedunia
yang mencakup tiga perangkat aplikasi utama, yakni menajemen rantai pasokan
(SCM), perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), dan CRM.
- Geografi
Pasar AS adalah penggerak utama
pertumbuhan selama tahun 1990-an, meski Eropa telah memegang peran yang kian
penting. Kedua kawasan regional ini menguasai 80-90% penjualan penghasilan
perangkat lunak CRM global.
- Industri
Industri sebagai pelopor yang menerapkan
program tersebut, seperti perbankan, keuangan, dan telekomunikasi diharapkan
mengalami pertumbuhan moderat sekitar 10 persen per tahun dari 2002 hingga
2006.
5. Partisipan Pasar
Ekosistem CRM tersusun atas
vendor perangkat lunak, vendor perangkat keras, infrastruktur, dan penyedia
layanan.
6. Para Vendor Software
Pemain yang paling dikenal di
pasar CRM adalah vendor software. Spesialis vendor CRM, seperti Siebel, Kana,
E.piphani, dan Chordiant bersaing dengan para
vendor ERUP tradisional yang berhasil mengembangkan sebuah produk CRM
(Peoplesoft dengan akusisi Vantive, Nortel dengan akusisi Clarify), atau
keduanya.
7. Vendor Perangkat Keras dan
Infrastruktur
Tugas kearsitekan dan kinerja
CRM sangat menekankan terhadap perangkat keras dan infrastrukturnya.
8. Para Penyedia Layanan
Komponen layanan ekosistem CRM merupakan bagian terbesar dan definisinya dirasa paling kabur. Biaya layanan yang terkait secara langsung, seperti layanan teknologi dan implementasi CRM.
Komponen layanan ekosistem CRM merupakan bagian terbesar dan definisinya dirasa paling kabur. Biaya layanan yang terkait secara langsung, seperti layanan teknologi dan implementasi CRM.
Dua contoh signifikansi dalam kompleksitas
pemodelan data yang fleksibel.
1. Hubungan Antar banyak Orang (Many to
Many)
Struktur basis data
relasional dan pelanggan dari kalangan
korporat memiliki banyak departemen dan
memiliki banyak kegiatan . Misalnya
mungkin melibatkan beberapa kontak dengan pelanggan,tetapi satu kontak
pelanggan mungkin juga penting untuk beberapa kesempatan yang berbeda.
2. Pemodelan persona/Peran
Hubungan antara entitas dan peran harus cukup baik sehingga cukup mewakili situasi pelanggan yaitu crm harus dapat mewakili karyawan yang terlibat dalam menangani pelanggan.
Hubungan antara entitas dan peran harus cukup baik sehingga cukup mewakili situasi pelanggan yaitu crm harus dapat mewakili karyawan yang terlibat dalam menangani pelanggan.
Arsitektur Yang Aplikatif, Fleksibel, Berkinerja
Bagus, dan Terukur
1. Ketergunaan
Ketergantungan (usability)
menunjukkan betapa mudahnya sebuah aplikasi digunakan (dinavigasikan).
2. Fleksibilitas
Daya tanggap ( responsiveness) dapat diciptakan dengan mempersiapkan semua proses yang dikehendaki seorang pelanggan dan menjalankannya pada aplikasi CRM sebelum dioperasikan untuk publik.
Daya tanggap ( responsiveness) dapat diciptakan dengan mempersiapkan semua proses yang dikehendaki seorang pelanggan dan menjalankannya pada aplikasi CRM sebelum dioperasikan untuk publik.
3. Kinerja Tinggi
Kinerja merupakan salah satu dari banyak fungsi teknologi. Semua itu harus terpadu dalam mnenciptakan sistem berkinerja tinggi.
Kinerja merupakan salah satu dari banyak fungsi teknologi. Semua itu harus terpadu dalam mnenciptakan sistem berkinerja tinggi.
4. Keterukuran
Keterukunan sangat penting yaitu
para tenaga penjualan dari berbagai wilayah
sudah disinkronisasikan secara serentak seperti apliklas i manajemen
layanan
telpon,website,sinkronisasi,pusat layanan telpon dan lainya.
Aliran kerja mencakup hal-hal sebagai berikut :
q Eskalasi
q Otomatisasi Proses
q Penugasan
q Penulisan Skrip Melalui Dialog
q Navigasi Proses
q Integrasi
Integrasi
merupakan penyedia perangkat khusus, seperti Webmethods, IBM (MQSeries),
SeeBeyond, Vitria, dan Tibco yang
memainkan peran penting dalam proyek CRM Komplek berskala besar.
1. Integrasi Aplikasi
Integrasi aplikasi mengikat
sistem CRM dan sistem bisnis lain,seperti akuntansi,penagihan,inventori,dan
sumber daya manusia. Dan integrasi aplikasi dapat disediakan sebagai standar
oleh CRM atau penjual sistem lain.
2. Integrasi Telepon
Integrasi telepon mengikat aplikasi CRM ke dalam sistem telepon. Dengan
integrasi itu memungkinkan panggilan masuk dapat dikirim kepada orang yang
tepat berdasarkan identitas penelpon.
3. Integrasi Email
Integrasi e-mail memiliki fungsi
serupa dengan telepon ,yakni mempersingkat proses komunikasi dengan pelanggan.
4. Integrasi WEB
Integrasi Web memungkinkan organisasi membantu pelanggan yang ada di web,tanpa mereka harus meninggalkan halaman web yang mereka kunjungi.
Integrasi Web memungkinkan organisasi membantu pelanggan yang ada di web,tanpa mereka harus meninggalkan halaman web yang mereka kunjungi.
Aplikasi-Aplikasi CRM
- Manajemen Produk dan Pelanggan
- Pemasaran
- Penjualan
- Layanan dan Daya Dukung
- Manajemen Hubungan Rekanan
- Stakeholder Yang Lain
- Manajemen Hubungan Karyawan
- Manajemen Hubungan Pemasok
9. Portal Hubungan Investor
Analisis CRM
- Pelaporan Standar
pelaporan yang ada dalam CRM
disusun sebelum atau berdasarkan permintaan dan kebutuhan organisasi dengan
menggunakan aplikasi software CRM.
2. Pemrosesan Analisis Online (OLAP)
Teknologi OLAP memungkinkan informasi diubah ke dalam
format yang sesuai dengan analisis dan pemeriksaan ad hoc dan disimpan dalam
sebuah gudang data.
- Penggalian Data
Penggalian data adalah sebuah
kemampuan analitis yang penting pada sejumlah industri.
- Pembiayaan Berbasis Kegiatan
Sistem pembiayaan standar
tradisional pada umumnya bersifat ‘produksentris sentries’. Akibatnya sistem
ini kurang rinci dalam menganalisis biaya melalui jalur dan pelanggan.
No comments:
Post a Comment
Tulislah komentar yang bermartabat tanpa ada kata-kata kasar atau berbau sara