- Komputerisasi
bisnis adalah bagaimana teknologi informasi masuk sebagai inti dalam proses dan
aliran bisnis.
- Tiga kelompok yang secara tidak langsung akan
menekan proses bisnis dalam organisasi :
- A. Market, pelanggan yang memanfaatkan TI dalam bertranskasi tidak mengenal jarak dan waktu sehingga persaingan pelayanan semakin meningkat. Upaya efisisensi dan efktifitas dalam menjalankan proses bisnis semakin cepat dengan bantuan TI dan permintaan pelanggan yang selalu berubah dan bervariasi yang perlu ditanggapi secara cepat.
- B. Society, keterbukaan dalam masyarakat untuk dapat bertransaksi menggunakan TI didukung pula dengan kebijakan-kebijakan pemerintah
- C. Technology, alat bantu dan sekaligus dapat membantu dalam pengambilan keputusan menjadi fokus utama dalam kegiatan rutinitas suatu perusahaan, keberadan TI juga memberikan inovasi dan informasi yang sangat banyak (overload information) untuk dapat dilakukan dan dimiliki dengan biaya yang murah pada sisi pelanggan.
- Sistem Financial berfungsi untuk mengelola
proses bisnis keuangan, yang terdiri atas :
a. Financial Accounting
b. Modul CO - Controlling
Fungsi dari modul CO adalah untuk
mendukung empat kegiatan operasional :
1.
Pengendalian capital investment
2.
Pengendalian aktivitas keuangan perusahaan, memonitor dan merencanakan
pembayaran
3.
Pengendalian pendanaan terhadap pembelian,
pengadaan dan penggunaan dana di setiap area
4.
Pengendalian
biaya dan profit berdasarkan semua aktivitas perusahaan
c. Modul IM - Investment
Management
Fungsi dari modul IM ini saling
melengkapi dengan fungsi yang dijalankan oleh modul CI, namun modul IM lebih spesifik ditujukan untuk
menganalisis kebijakan investasi jangka panjang dan fixed assets dari perusahaan
dan membantu manajemen dalam membuat keputusan.
d. Modul EC - Enterprise
Controlling
Tujuan dari
modul EC adalah untuk memberikan akses bagi Enterprise Controller mengenai
hal-hal berikut:
1.
Kondisi keuangan perusahaan
2.
Hasil
dari perencanaan dan pengendalian perusahaan
3.
Investasi
4.
Maintenance dari aset perusahaan
5.
Akuisisi
dan pengembangan SDM perusahaan
6.
Kondisi
pasar yang berkaitan dengan pengambilan keputusan, seperti ukuran pasar, market
share, competitor performance
7.
Faktor-faktor struktural dari proses bisnis,
seperti struktur produksi, struktur biaya, neraca dan laporan rugi laba
e. Modul TR - Treasury
Modul TR
berfungsi untuk mengintegrasikan antara cash management dan cash forecasting
dengan aktivitas logistik dan transaksi keuangan.
- Distribution
dan Manufacturing berfungsi untuk mengelola proses bisnis pembuatan dan
distribusi produk, yang terdiri atas :
a) Modul LE - Logistics Execution
Modul LO juga
merupakan modul yang terintegrasi dengan modul yang lainnya, yaitu modul PP,
EC, SD, MM, PM dan QM. Pada intinya, modul ini fokus pada pengaturan logistik
dari masa purchasing hingga distribusi. Dari purchase requisition, good receipt
hingga delivery.
b) Modul SD - Sales
Distribution
Desain dari
modul SD ditekankan kepada penggunaan strategi penjualan yang sensitif terhadap
perubahan yang terjadi di pasar. Prioritas utama dari penggunaan modul ini
adalah untuk membuat struktur data yang mampu merekam, menganalisis, dan
mengontrol aktivitas untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dan
menghasilkan profit yang layak dalam periode akuntansi yang akan datang.
c) Modul MM - Materials
Management
Fungsi utama
dari modul MM adalah untuk membantu manajemen dalam aktivitas sehari-hari dalam
tipe bisnis apapun yang memerlukan konsumsi material, termasuk energi dan
servis.
d) Modul PP - Production
Planning
Modul PP ini
berfungsi dalam merencanakan dan mengendalikan jalannya material sampai kepada
proses pengiriman produk.
e) Modul PM - Plant Maintenance
Modul PM
berfungsi untuk mendukung dan mengontrol pemeliharaan peralatan dan bangunan
secara efektif, mengatur data perawatan,dan mengintegrasikan data komponen
peralatan dengan aktivitas operasional yang sedang berjalan.
f) Modul QM - Quality Management
Modul QM
terintegrasi dengan modul PP-PI Production. Salah satu fungsi dari modul QM
adalah untuk menyediakan master data yang dibutuhkan berdasarkan rekomendasi
dari ISO-9000 series.
g) Modul PS - Project
System
Modul
PS dikonsentrasikan untuk mendukung kegiatan-kegiatan berikut ini :
1.
Perencanaan
terhadap waktu dan nilai
2.
Perencanaan detail dengan menggunakan
perencanaan cost element atau unit cost dan menetapkan waktu kritis, pendeskripsian aktivitas dan
penjadwalan
3.
Koordinasi dari sumber daya melalui otomasi
permintaan material, manajemen dan kapasitas material, serta sumber daya
manusia
4.
Monitoring
terhadap material, kapasitas dan dana selama proyek berjalan
5.
Penutupan proyek dengan analisis hasil dan
perbaikan
- Modul Human Resources, berfungsi untuk :
1.
Memudahkan melaksanakan manajemen yang efektif
dan tepat waktu terhadap gaji, benefit dan biaya yang berkaitan dengan SDM
perusahaan
2.
Melindungi
data personalia dari pihak luar
3.
Membangun sistem rekruitmen dan pembangunan SDM yang efisien melalui
manajemen Karir
- Menurut
Wayne F Cascio. Tanggung jawab dan Tujuan dari Manajemen Sumber Daya Manusia
meliputi dari 5 aktifitas sbb :
1.
ATTRACTION(Penyusunan Kebutuhan)
2.
SELECTION (Penarikan Pegawai)
3.
RETENTION (Pemberian Hak)
4.
DEVELOPMENT (latihan dan Pengembangan)
5.
ASSESMENT (Penilaian)
- Tujuan
Perencanaan sumber daya manusia adalah menjamin tersedianya tenaga kerja yang
tepat baik secara jumlah maupun kualitas.
- Definisi (Prestasi Kerja) adalah hasil kerja secara
kuantitas dan kualitas yg dicapai oleh seseorg pegawai dlm melaksanakan tgsnya
sesuai dengan tanggung jawab yg diberikan kepadanya.
- Menurut
Keith Davis (1994),yg mempengaruhi pencapaian prestasi kerja adalah faktor
kemampuan (ability) dan faktor motivasi (motivation).
- Penilaian
Kinerja adalah proses penaksiran atau penentuan nilai, kualitas,atau status
dari pelaksanaan kerja sesungguhnya.
Manfaat penilaian kinerja :
1. Bagi
pekerja : ini merupakan umpan balik bagi pekerja tentang berbagai hal yang
telah dilakukannya sehingga dapat melihat kekurangan yang harus diperbaiki
dimasa yang akan datang dan kelebihanan yang terus dipertahankan dan
ditingkatkan
2. Manfaat penilaian kinerja bagi organisasi;
a. Untuk
mengidentifikasi kebutuhan Pelatihan dan Pengembangan.
b.Seleksi
dan Rekruitmen berikutnya
c. Dasar
untuk promosi/ kenaikan pangkat atau jabatan.
d.Dasar
untuk penetapan kompensasi.
- Standarisasi
penilaian adalah penetapan batas maksimal input utk suatu output dlm kerangka
produktifitas yg diterima pada masa itu.
- Kualitas kerja
:
1.
Ketepatan
2.
Ketelitian
3.
Keterampilan
4.
kebersihan
Faktor-faktor kinerja
- Kuantitas
1.
Out put
2.
Perlu diperhatikan juga bukan hanya output rutin
tapi juga output dari kerja ekstra
- Dapat tidaknya diandalkan
1.Mengikuti instruksi
2.Inisiatif
3.kehati-hatian
4.Kerajinan
- Sikap ,meliputi ;
1.Sikap terhadap perusahaan
2.Sikap terhadap pekerjaannya
3.Sikap dalam kerjasama
- BPR
adalah suatu proses perubahan pola pikir yang bersifat fundamental serta
perancangan ulang setiap proses bisnis untuk tujuan mencapai mencapai perbaikan
secara dramatis dgn memperhitungkan biaya, kualitas, kecepatan dan pelayanan
yang terbaik.
- Benchmarking
yaitu proses evaluasi perbandingan atas proses bisnis dan pemetaan sistem
yg akan dilakukan perubahan dgn menggunakan cth-cth proses dan hasil yg telah
dilakukan.
Kebutuhan ERP utk Perusahaan
- Siklus dari proses implimentasi ERP
- Keputusan utk memakai ERP
- Memilih ERP yg tepat
- Merancang kebutuhan bisnis dgn fasilitas ERP yg dipilih
- Melihat dan mengevaluasi setiap proses bisnis dan perubahan apa yg perlu dilakukan di dlm model ERP
- Menyusun arsitektur dan cetak biru
- Pendekatan implementasi yg akan dilakukan
- Pelatihan dan pengetesan ERP sebelum proses go live
- Evaluasi setelah go live dari sistem ERP
- Alasan perusahaan menggunakan ERP
- Motivasi dari sisi teknologi,terutama disebabkan krn kondidi dari sistem yg terpisah-pisah,sistem yg tdk terintegrasi,kualitas informasi yg tdk memenuhi standar serta ketidakmampuan sistem utk mendukung pertumbuhan bisnis
- Motivasi Operasional merupakan dorongan dari menejemen yg disebabkan kinerja pelaporan yg menurun dan memburuk,tingginya biaya komunikasi dan infra struktur pemprosesan sistem informasi perusahaan,proses yg semakin kompleks yg disebabkan oleh perkembangan bisnis dan diversifikasi produk yg semakin bertambah.
- Kriterian pemilihan ERP utk Perusahaan
- Capitalize competences and resource,pengembangan kompetensi dan kapitalisasi sumber daya merupakan kunci dr strategi dan implementasi ERP yg tepat guna.
- Mitigate the business risk,pencegahan dari resiko bisnis. Risiko bisnis dapat dikurangi dgn adanya penerapan ERP.
No comments:
Post a Comment
Tulislah komentar yang bermartabat tanpa ada kata-kata kasar atau berbau sara