- CRM adalah strategi inti dalam bisnis yang
mengintegrasikan proses-proses dan
fungsi-fungsi internal dengan semua jaringan eksternal untuk menciptakan serta
mewujudkan nilai bagi para konsumen sasaran secara profitabel.
- Tiga pandangan utama tentang CRM :
1. CRM
strategis
Pandangan “top down” tentang CRM sebagai
strategi bisnis paling penting yang mengutamakan konsumen dan bertujuan memikat
dan mempertahankan konsumen yg menguntungkan.
2. CRM
operasional
Pandangan tentang CRM yang berfokus pada
proyek-proyek otomatisasi seperti otomatisasi pelayanan,otomatisasi armada
penjualan dan otomatisasi pemasaran.
3. CRM
analitis
pandangan “bottom up” tentang CRM yang
berfokus pada kegiatan penggalian data konsumen untuk tujuan strategis dan
taktis.
- Tujuan
setiap strategi CRM adalah untuk
mengembangkan hubungan yg menguntungkan dengan pelanggan.
- Tahapan utama dari
rantai nilai CRM :
1.
Analisis portofolio pelanggan
tahap
ini melibatkan analis terhadap basis pelanggan secara aktual dan potensial
untuk mengidentifikasi pelanggan mana yg ingin dilayani di masa mendatang.
2.
Keintiman pelanggan
Pada
tahap ini dapat dikenali identitas,riwayat,tuntutan, harapan dan pilihan
pelanggan.
3. Pengembangan
Jaringan
Untuk
mengidentifikasi, menjelaskan, dan mengelola hubungan dgn anggota jaringan
dalam perusahaan.Jaringan dapat mencakup anggota dari luar seperti supplier,
mitra dan investor, dan juga pihak internal yang penting yaitu pegawai.
4. Pengembangan
proposisi nilai
Tahap
ini melibatkan pengidentifikasian sumber-sumber nilai bagi pelanggan dan
penciptaan suatu proposisi dan
pengalaman yang memenuhi kebutuhan,harapan,dan pilihan mereka.
5. Mengelola siklus pelanggan
Siklus
hidup pelanggan adalah perjalanan pelanggan dari status ‘suspek’ menjadi
‘pendukung’.Pengelolaan siklus hidup membutuhkan perhatian pada proses dan
struktur.
- Manfaat ekonomis
membangun hubungan dengan pelanggan :
- Banyak pelaku bisnis akan setuju bhw mencapai loyalitas pelanggan adalah hal yg baik.
- Pelanggan yg loyal lebih baik dari pada pelanggan yg kurang loyal.
- Memiliki pelanggan yg loyal biasanya menghasilkan dividen sepanjang perjalanan bisnis perusahaan tsb.
- Untuk meningkatkan kepuasan, kita perlu
menambahkan nilai pada apa yang kita tawarkan.
Cara
menambahkan nilai :
1.
Meningkatkan kenyamanan
2.
Kecepatan pelayanan
3.
Mentraining karyawan sehingga ia dpt menjwb
pertanyaan pelanggan dan merekomendasikan produk yg memuaskan pelanggan.
- Keuntungan
mempertahankan pelanggan lama :
- Mereka membelanjakan lebih banyak.
- Mereka menjadi nyaman
- Mereka menyebarkan berita yang positif
- Mereka lebih murah untuk dilayani
- Mereka tidak begitu sensitif terhadap harga
- Mereka lebih memaafkan
- Mereka membuat kita lebih efisien.
- Mereka lebih berpotensi menhasilkan keuntungan yang lebih besar.
- CPV atau nilai yg dipikirkan pelanggan adalah
selisih antara evaluasi calon pelanggan atas semua manfaat serta semua biaya
tawaran tertentu dan alternatif lain yg dipikirkan.
- Nilai pelanggan total ( Total Customer Value), adalah
nilai moneter yg dipikirkan atas sekumpulan manfaat ekonomis,fungsional,dan
psikologis,yg diharapkan oleh pelanggan atas tawaran pasar tertentu.
- Biaya pelanggan total (Total Customer Cost),adalah
sekumpulan biaya yg harus dikeluarkan pelanggan utk mengevaluasi, mendapatkan,
menggunakan dan membuang tawaran pasar tertentu termasuk biaya
moneter,waktu,energi dan spikis
- Proporsisi nilai (Value proposition), terdiri atas keseluruhan kelompok manfaat
yg dijanjikan perusahaan utk diserahkan .pada dasarnya proposisi nilai
merupakan satu pernyataan tentang pengalaman hasil yg akan didapat pelanggan
dari tawaran pasar.
- Value
ladder adalah tujuh anak tangga yang menggambarkan riwayat konsumen,mulai
mereka sebagai suspect hingga status sebagai supporter.
1. Suspect,apakah
konsumen sesuai dgn profil target pasar.
2. Prospect,
konsumen sesuai dgn profil yg dimaksud dan pihak perusahaan melakukan
langkah-langkah pendekatan awal.
- Konsumen perdana,konsumen yang melakukan pembelian pertama.
- Konsumen ulang, konsumen yang melakukan pembelian tambahan.
- Konsumen mayoritas, konsumen memilih perusahaan sebagai supplier pilihan mereka
- Konsumen setia, konsumen yg tak berpindah ke supplier lain dan menunjukkan sikap amat posistif kepada perusahaan.
- pendukung, konsumen yg mendatangkan pemasukan tambahan berkat referensi yg mendatangkan konsumen baru.
- Customer
Loyalty adalah kelekatan pelanggan pada suatu merek,toko,pemberi jasa atau
entitas lain berdasrkan sikap yang menguntungkan dan tanggapan yang baik.
- Customer tenure adalah lamanya konsumen
menjadi pelanggan perusahaan.
1. Berdasar perilaku konsumen,dgn menggunakan
metode RFM. Konsumen yg setia adalah konsumen yg mendapatkan skor tertinggi
pada tiga variabel tsb, yaitu ;
R=
recency of purchase
F = frequency of purchases
M
= monetary value of purchase
2. Berdasarkan sikap loyal (attitudinal loyalty),diukur
dgn mengacu pada komponen sikap.
- Budaya
organisasi adalah pola nilai dan keyakinan bersama yang membantu individu-individu dalam memahami
fungsi organisasi sehingga memberikan norma perilaku kepada mereka di dalam
organisasi.
- Ada 7 dimensi
Profil budaya organisasi :
1. Inovasi
2. Stabilitas
3. Penghargaan terhadap orang lain
4. Orientasi hasil
5. Orientasi detail
6. Orientasi tim
7. Keagresifan
- SDM adalah elemen yg paling
penting pada kinerja strategi CRM,karena :
1. SDM
mengembangkan strategi CRM
2. SDM
memilih solusi TI
3. SDM
menerapkan dan menggunakan solusi TI
4. SDM
lintas fungsi saling berkoordinasi satu sama lain utk menjalankan CRM
5. SDM
membuat dan menyimpan database pelanggan
6. SDM
merancang proses pemasaran,penjualan, dan pelayanan.
7. SDM
memberikan konstribusi yg sangat besar bagi kepuasan dan perawatan pelanggan
ketika mereka berinteraksi dgn pelanggan.
- Proses adalah cara dimana
segala sesuatu dilakukan oleh perusahaan.
Proses dapat dibagi menjadi beberapa kategori :
1. Vertikal
dan horizontal
2. Front-office
dan back- office
3. Primer
dan sekunder
- Proses
vertikal :proses yg seluruhnya terletak didalam fungsi bisnis.
- Proses
horizontal : bersifat lintas fungsional
- Proses
front office : proses-prose yg berhadapan dgn pelanggan
- Proses
back office : proses yang tersembunyi dari pelanggan
- Proses
primer : proses yang memberikan dampak yg besar pd biaya dan pendapatan
perusahaan.
No comments:
Post a Comment
Tulislah komentar yang bermartabat tanpa ada kata-kata kasar atau berbau sara